Etty Koesumawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
 Menjadi Penulis Tak Sekedar Merangkai Kata-Kata

Menjadi Penulis Tak Sekedar Merangkai Kata-Kata

Menjadi Penulis Tak Sekedar Merangkai Kata-Kata

Oleh : Etty Koesumawati (SMP Negeri 6 Balikpapan)
Judul buku : Be A Writer Be A Celebrity
Penulis : Andrei Aksana
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Pertama, 2006
Tebal : 92 halaman
ISBN : 979-22—2421-1

Hari ini aku ingin menulis, tapi bukan hanya sekedar merangkai kata-kata, itulah yang saat ini kurasakan. Membaca buku karya Andrei Aksana sedikit membuka wawasanku yang tidak seberapa. Andrei Aksana adalah cucu dari pujangga Sanoesi Pane. Buku karya Andrei Aksana “Be A Writer Be A Celebrity”, terbitan Gramedia menyampaikan beberapa hal bagaimana kita dituntun untuk bisa menjadi seorang penulis pemula yang andal.

Penulis mengungkapkan fakta bahwa musuh utama seorang penulis adalah rasa malas. Aku merasakan menjadi seorang penulis itu tidaklah mudah. Penulis yang baik mampu menggugah hati pembacanya dan dapat mengambil hikmah dari tulisan tersebut. Budayawan HB Jassin mengatakan, penulis mengemban tugas mulia sebagai guru bagi pembacanya.

Sesungguhnya apa yang dituliskan di buku ini secara garis besar sering kusampaikan kepada murid-muridku di kelas, tentang unsur intrinsik karya sastra, seperti: tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, pesan atau amanat, dan sudut pandang pengarang.

Menemukan inspirasi, jangan hanya sekedar menunggu. Mengamati lingkungan sekitar, membuka mata hati, mengobrol dengan teman-teman merupakan bahan yang menarikm untuk dijadikan bahan tulisan. Menemukan waktu untuk diri sendiri juga menciptakan dunia untuk hadir dalam tulisan kita. Jika semua tahapan itu sudah kita lalui maka sampailah kita pada tahapan penyempurnaan naskah dengan disunting atau diedit. Tim penyunting atau editor adalah pembaca pertama kita.

Kelebihan buku ini memiliki gaya bahasa yang cukup menarik dan runtut untuk dibaca. Kekurangannya adalah tak adanya daftar isi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah isi bukunya bagus buat rujukan menulis, salam literasi

07 Feb
Balas

salam

15 Feb

Jadi pengen baca bukunya...

07 Feb
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali